PTK

25 Okt

BAB I

PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang

  Tujuan  pendidikan   nasional   adalah   menjamin  mutu   pendidikan
nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bernartabat (PP. Nomor 19 Th. 2005). Salah satu perwujudannya melalui pendidikan yang bermutu pada setiap jenjang pendidikan di Indonesia.
  Pendidikan  adalah  usaha  yang  dilakukan  secara  sadar dan sengaja
untuk mengubah tingkah laku manusia baik secara individu maupun berkelompok untuk mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan (Sugiartono dkk 2007 : 5). Matematika merupakan bidang ilmu yang sangat berperan dalam mempengaruhi kehidupan manusia modern. Dengan bantuan aplikasi konsep matematika berbagai kebutuhan hidup manusia dapat terpenuhi dengan lebih mudah. Oleh karena itu, pembelajaran matematika perlu dilakukan sejak dini dengan metode yang baik agar pemahaman siswa menjadi maksimal.
  Pembelajaran   mata   pelajaran   matematika   bertujuan   agar  siswa
memiliki kemampuan menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan alasan dan pernyataan matematika. Selain itu, pembelajaran matematika juga bertujuan untuk memecahkan berbagai masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model, dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Tujuan yang lainnya adalah mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, dan media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah (KTSP, 2008 : 92)lebih lanjut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: